Notification

×

Iklan

Iklan

Berbuka Puasa yang Baik bagi Kesehatan

Minggu, 17 Maret 2024 | Maret 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-17T08:31:27Z

Sinarntb.com - Asupan gizi ketika santap sahur dianjurkan bagi mereka yang ingin menjalani ibadah puasa. Hal ini bertujuan agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi sehingga kita tetap bugar berpuasa seharian penuh tanpa makan dan minum.

Begitupun saat berbuka, alangkah baiknya kita memilih makanan dan minuman yang tepat agar kondisi tubuh tetap sehat.

Kebanyakan orang berpuasa akan mengalami dehidrasi ringan dikarenakan tubuh kekurangan cairan. Maka dari itu, hal pertama yang dibutuhkan tubuh saat berbuka adalah mengembalikan cairan tubuh.

Melansir dari Halodoc, berikut ini tips urutan berbuka puasa yang baik untuk kesehatan:

1. Berbukalah dengan meminum air putih

Hidrasi tubuh harus menjadi perhatian utama pada waktu buka puasa. Air putih adalah pilihan terbaik, jadi berbukalah dengan minum lah 1-2 gelas air putih.

Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang kaya akan air, dan sup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Konsumsi buah-buahan

Alih-alih mengonsumsi berbagai macam takjil yang tinggi gula dan santan, lebih baik memilih buah-buahan sebagai makanan manis untuk mengembalikan energi sekaligus menambah cairan tubuh. Kurma sudah menjadi pilihan buah yang umum untuk buka puasa, karena kandungan gula dan nutrisi alaminya yang tinggi.

Namun, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan lainnya, seperti mangga, leci, pir atau anggur untuk mendapatkan efek yang sama. Sebaiknya konsumsilah jenis buah yang berbeda-beda setiap hari untuk mendapatkan nutrisi yang beragam.

3. Mulailah dengan makanan yang ringan

Hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dan berbumbu kuat saat buka puasa. Ingat, tubuh kamu tidak menerima asupan apapun selama 12-16 jam. Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak akan membuat lambung 'kaget', yang bisa memicu masalah pencernaan.

Jadi, saat buka puasa, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang ringan, seperti sup sayuran, sup ayam atau sup kaldu. Selain ramah di perut, mengonsumsi sup juga adalah cara yang baik untuk menghidrasi tubuh.

4. Nutrisi yang seimbang

Berbuka puasa bukanlah waktu balas dendam untuk mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya, karena hal itu bisa menaikkan berat badan. Sebaliknya, kamu perlu mengonsumsi berbagai macam makanan dengan nutrisi seimbang.

Pilihlah makanan yang kaya protein, seperti tahu, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak. Sedangkan asupan lemak sehat bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan, ikan dan alpukat. Hindari makanan cepat saji berlemak tinggi, seperti burger atau goreng-gorengan.

5. Konsumsi karbohidrat

Selama puasa tubuh akan menggunakan glikogen (karbohidrat yang tersimpan) untuk energi dan aktivitas otak, sehingga penting untuk mengganti simpanan yang habis. Jadi, tambahkan banyak sayuran ke makanan serta karbohidrat yang sehat. Cotohnya seperti beras merah, quinoa, pasta gandum atau ubi-ubian.(*)
×
Berita Terbaru Update