Notification

×

Iklan

Iklan

Bale Agung Ajar Wali Adakan Kegiatan Bimtek Pementasan Teater Tradisi

Minggu, 28 Mei 2023 | Mei 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-29T03:38:08Z



Mataram, SinarNTB.com - Bale Agung Ajar Wali adakan kegiatan Bimtek Pementasan Teater Tradisi di kampus Universitas Bumigora Mataram. Kegiatan berlangsung pada tanggal 27-29 Mei 2023.

Kegiatan ini diadakan untuk memperkenalkan bentuk kesenian tradisional, di mana unsur kesenian yang menjadi bagian hidup dari masyarakat - baik dalam suatu kaum, suku maupun bangsa tertentu.

Karena sifatnya yang lekat dengan hidup masyarakat, seni tradisional harus bersifat aktual. Sehingga untuk menjaga aktualisasi seni tradisional langkah-langkah preservasi perlu dilakukan agar seni tradisional tidak hilang.

Sebagai upaya pelestarian Kesenian Tradisi Bale Agung Ajar Wali bekerja sama dengan Universitas Bumigora Mataram mengadakan kegiatan "Bimtek Pementasan Teater Tradisi"  dan dilaksanakan selama tiga hari. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman pada anggota dan mahasiswa tentang Kesenian Teater khususnya seni teater tradisi.

Selain sebagai bentuk tindak lanjut dari MOU yang telah terjalin, kegiatan ini merupakan aksi nyata dari Bale Agung Ajar Wali dengan melibatkan perguruan tinggi Universitas Bumigora Mataram dalam memberikan edukasi pada anggota dan mahasiswa terkait Kesenian Teater Tradisi.

Di dalam kegiatan ini, turut melibatkan anggota Bale Agung Ajar Wali, dosen dan mahasiswa dengan menghadirkan narasumber yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan Seni Pertunjukan. Adapun narasumber yang terlibat di kegiatan Bimtek Pementasan Teater Tradisi tersebut di antaranya Dr. Syamsurrijal, M.Hum., Dr. Abdul Muhid, M.Pd., Dr. Diah Supatmiwati, M.Hum dan Dr Murianto, M.Par.

Selain itu, kegiatan ini juga d langsung oleh program Dana Indonesiana dari Kemendikbud, dengan penanggungjawab kegiatan Sunardy Kasim selaku Ketua Yayasan Bale Agung Ajar Wali yang sekaligus sebagai pelatih Drama Tradisi yang nantinya akan terbentuk di kampus Universitas Bumigora Mataram.


Penulis: Nanang Sofyan Putra
Editor: Ahmadiansyah


×
Berita Terbaru Update