Notification

×

Iklan

Iklan

Museum NTB Bersama PCMI Adakan Pembekalan Keberangkatan Pertukaran Pemuda Antar Negara

Selasa, 30 Mei 2023 | Mei 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-30T23:35:18Z

Mataram, SinarNTB.com - Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) bersama Museum Negeri Nusa melakukan kegiatan Pre Departure Training (PDT) Tingkat Daerah dalam rangka upgreading bagi kandidat Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang berlangsung di Aula Tambora Museum NTB, Senin (29/5/23).

Kegiatan PPAN ini merupakan salah satu program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang membawa misi pertukaran budaya dalam rangka mempererat persahabatan dan kerjasama Pemuda Indonesia dan Pemuda dari Luar Negeri.

"Saya ucapkan terimakasih kepada PCMI telah melakukan upgreding disini, dengan adanya diskusi ini kita telah merefleksi kebudayaan kita kembali", ungkap Kepala Museum NTB, Ahmad Nur Alam, saat menyampaikan sambutan.

Alam sapaan akrabnya, menyampakkan bahwa NTB ini berdasarkan historisnya sudah menjadi pijakan internasional. Dengan adanya bukti peninggalan pelabuhan yang ada di NTB ini menandakan bahwa dari dulu NTB sudah dikenal dalam kancah internasional.

"Apalagi sekarang adanya event-event yang melibatkan dunia. Artinya NTB mempunyai potensi yang besar, dan saat ini NTB harus menjadi Global Player", ungkap Alam mantan Kabag Hukum Lobar ini.

Dijelaskannya, bahwa dengan adanya potensi itulah Museum NTB selalu berikhtiar untuk mewujudkan pariwisata berbasis budaya yang mempunya nilai Historinomic, di mana menjadikan sejarah sebagai pusat wisata untuk menarik wisatawan agar lebih mengenal budaya NTB.

"Sehingga yang kami dorong saat ini adalah mendorong kabupaten/kota untuk membentuk museumnya. Dan program yang kami kampanyekan adalah 'Kotaku Museumku, Kampungku Museumku' yang nantinya dapat merawat kebudayaan yang kita miliki", jelasnya. 

Dikatakannya, Museum juga saat ini sedang berusaha untuk menjadi mesin pencari fakta, yang dimana museum harus memberi dan menyajikan terkait dengan benda-benda peninggalan sejarah. 

Sehingga untuk saat ini pihaknya sedang mlakukan pembangunan NTB yang sifatnya berbasis budaya yang dimana museum selalu berusaha untuk melakukan interaksi antara masyarakat dan juga budaya. 

Di akhir, ia berharap agar ketika teman-teman peserta jadi duta,  jangan merasa minder tapi harus tampil percaya diri. Tunjukan bahwa teman-teman sedang mewakili NTB, Gubernur, dan seluruh masyarakat NTB di kancah internasional. 

"Dan saya harap ketika teman-teman kembali, mari kita bersama bangun NTB ini", harapnya. 

Selanjutnya, Ketua Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) NTB, Lalu Azhar Rafsanjani menyampaikan, Nilai-nilai budaya yang diusung oleh Kantor Museum NTB menurutnya selaras dengan misi PPAN dan dapat menjadi dasar dari terbangunnya rasa saling pengertian di antara masyarakat, khususnya generasi muda dalam cakupan global. 

"Dengan diskusi tadi, kami  berharap agar para peserta PDT tingkat daerah dapat merepresentasikan Pemuda NTB ketika berhadapan dengan forum-forum diskusi yang serupa", katanya.


Menurutnya, Ada beberapa urgensi yang membuat pihaknya memilih untuk berkolaborasi dengan Kantor Museum Negeri NTB. Pertama, NTB adalah salah satu daerah yang sedang mendapatkan spotlight masyarakat internasional, khususnya pasca tergelarnya beberapa event internasional, seperti WSBK dan MotoGP. Oleh sebab itu, sebagai perwakilan pemuda NTB, para kandidat tentunya akan memainkan peran penting dalam mempromosikan nilai budaya dan pariwisata yang ada di NTB. 

Kedua, pihaknya meyakini bahwa diskusi dengan Kantor Museum NTB dapat memperkuat pemahaman para kandidat tentang nilai-nilai budaya yang ada di NTB, sehingga mereka akan dapat tampil percaya diri ketika memaparkan hal tersebut, baik dalam forum atau interaksi dengan pemuda lainnya. 

Ia mengatakan, bahwa diskusi tadi para peserta terlihat antusias untuk mendengarkan perspektif budaya yang ditawarkan oleh Kantor Museum NTB, khususnya tentang Kotaku Museumku, Kampungku Museumku. 

"Saya berharap kunjungan ini dapat menjadi bentuk kolaborasi antara Kantor Museum NTB dan PCMI NTB dalam rangka membangun Pemuda NTB secara berkelanjutan. Secara singkat, PCMI NTB siap menjadi mitra dalam program-program Kantor Museum NTB yang bersentuhan dengan pemuda", harapnya. 

Diketahui, Tahun ini terdapat 2 kandidat terpilih, 1 laki-laki ke Australia dan 1 perempuan ke Singapura. Namun, PDT tingkat daerah ini tidak hanya bagi kandidat utama, tetapi juga bagi beberapa kandidat cadangan.


Penulis: Nanang Sofyan Putra
Editor: Ahmadiansyah 
×
Berita Terbaru Update