Notification

×

Iklan

Iklan

Dukung Konsep Desa Wisata; Kelompok KKN Universitas Mataram Melakukan Pelatihan Bahasa Inggris untuk Boatman

Jumat, 20 Januari 2023 | Januari 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-20T09:36:45Z


Lombok, SinarNTB.com - Lombok merupakan pulau yang indah dan sangat menarik untuk dikunjungi karena menyimpan banyak keindahan alam dan budayanya. Salah satunya adalah keindahan alam yang ada di sekitar pesisir pantai di Tanjung Luar.

Tanjung luar merupakan salah satu daerah transit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pesona Teluk Jukung. Teluk Jukung sudah dikenal sebagai kawasan wisata yang meliputi beberapa spot-spot liburan yang cukup menarik, di antaranya adalah Pantai Pink, Pulau Pasir, dan lain-lain. Sehingga hal itu menjadikannya sangat diminati oleh wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Sesuai dengan hasil survei oleh kelompok KKN yg bertema "Desa Wisata", salah satu kendala yang dihadapi oleh pelaku wisata/boatman adalah publish speaking sehingga hal itulah yang menjadi alasan kelompok KKN Universitas Mataram melakukan pelatihan/class Bahasa Inggris untuk boatman.

Menurut salah satu dosen Universitas mataram, Bapak Lalu Muhammad FurFurkan, SE., MM., Ph.D., selaku Dosen pembimbing lapangan bersama dua dosen lain yang menjadi tutornya. "Berani salah adalah salah satu cara kita untuk mengkoreksi diri, sehingga mempermudah dan memperkuat mental diri dalam berkomunikasi dengan tamu wisatawan dari manca negara". Ungkapnya.

Dan ia juga mengatakan bahwa lingkungan adalah salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan komunikasi berbahasa Inggris.

"Kegiatan class boatman ini diadakan setiap hari kamis dan inisiatif belajar para boatman yang tinggi dapat memperlancar proses belajar mengajar Bahasa Inggris", lanjutnya.

Menurut Abah Ophi, kegiatan pelatihan Bahasa Inggris yang dilakukan oleh kelompok KKN Universitas Mataram sangat dibutuhkan oleh Boatman. "Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan diperlukan oleh para boatman yang terkendala dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris", tuturnya.

Penulis : Ahmad Al-Faruq
Editor    : Ahmadiansyah 

×
Berita Terbaru Update