Notification

×

Iklan

Iklan

Instruksi KAPOLRI Tidak Diindahkan Polda NTB, Ini Tanggapan DEW Rampai Nusantara!

Selasa, 15 November 2022 | November 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-15T09:40:03Z


Mataram, SinarNTB.com - Sikap ekslusif yang dilakukan oleh Polda NTB di bawah kendali Irjen. Pol. Drs. Djoko Poerwanto membawa nama institusi jauh dari kata humanis.

Padahal Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak semua anggota polisi untuk bersikap lebih humanis dalam melayani masyarakat, salah satu di antaranya tertuang dalam surat telegram Kapolri dengan nomor: STR/862/IX/PAM.3./2021 tertanggal 15 September 2021 silam.

Wakil Sekertaris Bidang Komunikasi, Media dan Informatika Rampai Nusantara NTB, Aditya Pratama mengungkapkan, jikalau Polda NTB menaati instruksi tersebut maka seharusnya Polda NTB menciptakan kebersamaan, berkolaborasi, dan membangun sinergitas dalam bekerja sama dengan semua pihak baik itu dari unsur pemuda, mahasiswa, aktivis, LSM, OKP, Ormas, Orpol, TNI, juga seluruh lapisan masyarakat pada umumnya atas nama Bangsa Indonesia.

"Sejauh ini, dalam pengamatan kami sebagai anak Bangsa/selaku putra daerah bapak Kapolda NTB bersikap ekslusif, protokoler, kaku, tidak humanis, sikap arogansi/menciptakan sekat kerap menimbulkan perpecahan bagi sesama anak Bangsa". Ungkap Aditya.

Kata dia, ada banyak ketimpangan sosial yang terjadi di daerah seperti maraknya kasus Narkoba, miras, prostitusi, penambang ilegal, korupsi dan sederetan kasus lain yang tidak mampu dituntaskan oleh Polda NTB di bawah kepemimpinan Irjen. Pol. Drs. Djoko Poerwanto selaku Kapolda NTB.

Aditya melanjutkan, bahwa institusi Kepolisian merupakan "Brand Ambassador" bagi penegakkan keadilan di Republik ini. Serta harus menjadi "Role Model" bagi terciptanya moral etik, kedamaian, kondusifitas, kerukunana, keharmonisan dan kesejahteraan menyeluruh - sebagaimana yang dicantumkan pada tugas pokok kepolisian yang tertuang pada UU No. 2 Tahun 2002.

Tak hanya demikian, jika mengingat dari awal pasca palantikan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo ada beberapa program prioritas yang ingin dilakukan di dalam tubuh internal kepolisian Republik Indonesia yaitu Presisi atau Prediktif, Responsibilitas, Humanisasi dan Transparansi. Berkeadilan merupakan program yang digaungkan bapak Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sejak dilantik sebagai Kapolri.

"Maka kami menegaskan sudah saatnya polisi dan atau Polda NTB secara khusus saat ini lebih humanis, inklusif, responsibilitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat supaya mengurangi kesan buruk terhadap institusi polisi. Karena dengan langkah itu pula mampu memberikan kesan positif bagi keberadaan institusi Kepolisian Daerah/Polda NTB". Tutupnya.

Penulis : Al Faruq
Editor : Ahmadiansyah
×
Berita Terbaru Update