Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala Desa Tonggorisa, Momen STQ Warnai Kehidupan dengan Nilai Al-Qur'an

Jumat, 12 Agustus 2022 | Agustus 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-12T13:22:51Z


Kabupaten Bima, SinarNTB.Com - Pemerintah Desa Tonggorisa mengadakan kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang ke-53. Mengusung Tema, "Dengan Semangat STQ Kita Wujudkan Generasi yang Cinta Al-Qur'an dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang Relijius, Rukun dan Damai.

Kegiatan STQ ke-53 tingkat desa di Desa Tonggorisa Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima tersebut, dibuka secara resmi oleh Camat Palibelo.

Ketua panitia, Supardin mengatakan bahwa peserta yang mengikuti lomba yaitu Golongan Kanak-kanak 31 orang, Remaja 22 orang, Dewasa 14 orang, Cabang Tahfidz 3 Orang. 

"Dengan adanya STQ ini untuk memilih korih dan koriah terbaik untuk mewakili MTQ tingkat kecamatan kedepannya," bebernya, Jum'at (12/8/2022).

Sementara itu, Kepala Desa Tonggorisa, Yusuf H. A. Hamid,  menerangkan, Seleksi STQ ini jangan hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata. Harus dijadijan sebagai momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qurani.

"Jangan sampai festival STQ ini jadi ajang biasa-biasa saja. Tapi jadikan STQ sebagai ajang yang luar biasa. Sehingga momentum STQ ini bisa menjadikan pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai Qurani," jelasnya.

Kata dia, ini merupakan kebahagiaan bagi saya lantaran bisa menyelenggarakan STQ tingkat desa. Semoga ini dapat menjadi upaya kita dalam meningkatkan kapasitas terkait baca Qur'an masyarakat di Desa Tonggorisa.

"Semoga pelaksanaan STQ Tonggorisa menjadi percontohan di desa, lantaran kita melakukan seleksi kepada seluruh peserta di Desa Tonggorisa," terangnya.

Selain itu, Camat Palibelo, Drs. Darwis dalam sambutannya mengatakan, semoga kegiatan STQ ke - 52 Tingkat Desa di Desa Tonggorisa dari awal hingga akhir, berjalan dengan baik.

"Seleksi Tilawatil Quran (STQ) adalah perhelatan keagamaan Islam Indonesia yang bertujuan untuk mengagungkan Al Quran. Pada perhelatan, peserta berkompetisi mengaji Al-Qur’an," tutur dia.

Kata dia, STQ merupakan festival keagamaan Islam Indonesia yang diadakan di tingkat Nasional yang bertujuan untuk mengagungkan Al Quran. 

"Pada festival tersebut peserta berlomba mengaji Al-Qur'an dengan menggunakan Qira'at. Semoga dari kegiatan seperti ini akan lagi generasi terbaik di Kecamatan Palibelo," tutupnya.

Penulis : Ahmad Al-Faruq
×
Berita Terbaru Update