Notification

×

Iklan

Iklan

Bawaslu RI: Rapat Evaluasi Training of Trainer (ToT) Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024

Senin, 01 Januari 2024 | Januari 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-02T02:48:01Z


Mataram, sinarntb.com - Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi NTB, menghadiri Rapat Evaluasi Training of Trainer (ToT) Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024 yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Lombok Utara pada Jumat (29/12/2023).

Dalam sambutannya, Lolly menyampaikan pelatihan saksi peserta pemilu dilaksanakan oleh Bawaslu berdasarkan mandat yang diberikan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Pelatihan saksi peserta pemilu digelar untuk memperkuat saksi partai politik, sehingga saat pelaksanaan Pemilu 2024 akan hadir saksi – saksi yang mengikuti proses sejak awal, tau cara menyampaikan keberatan, memahami mekanisme yang harus ditempuh ketika ada situasi saat hari pemungutan suara terjadi sesuatu yang tidak semestinya,” ungkap Lolly.

Dalam kesempatan yang sama, Lolly juga menyampaikan harapannya bahwa Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik dan agar jajaran pengawas pemilu benar-benar memahami seluruh mekanisme pengawasan, pencegahan, penanganan pelanggaran, serta penyelesaian sengketa, sesuai dengan tugas dan wewenang Bawaslu yang diamanatkan Undang-Undang.

“Kami juga memerlukan seluruh masukan dan saran sebagai lembaga penyelenggara pemilu untuk dapat meningkatkan kinerja kami di lapangan, terutama saat mengawasi tahapan,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Lolly juga mengingatkan kepada jajarannya untuk semakin fokus melakukan pengawasan tahapan Pemilu, mengingat tahapan kampanye sudah berjalan dan semakin dekat dengan tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

“Semakin dekat dengan hari-H, maka dalam konteks ini pengawasan partisipatif semakin penting untuk dimasifkan di seluruh tingkatan,” tutupnya.(*)

Penulis : Muhafid
Editor : Ahmadiansyah

×
Berita Terbaru Update