Notification

×

Iklan

Iklan

Panwascam Palibelo Temukan Dugaan Pelanggaran, Ini Hasil Tindak Lanjutnya!

Senin, 13 Maret 2023 | Maret 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-13T11:14:11Z


Kabupaten Bima, SinarNTB.com - Panitia pengawas pemilu Kecamatan Palibelo (Panwascam) menemukan Adanya Dugaan Pelanggaran terhadap Proses Coklit Seluruh Pantarlih di 12 Desa se-Palibelo.

Proses pemutakhiran data pemilih merupakan hal sangat krusial.
KPU lewat hirarki tingkat bawah yaitu Petugas Pantarlih bertugas memutahirkan data agar mencapai daftar pemilih tetap yang kredibel.

Bawaslu dalam hal ini memiliki peran penting dalam melakukan pengawasan tahapan pemuktahiran data pemilu, sesuai dengan tagline Bawaslu Menjaga hak pilih.

Masykuril Haq, M.Pd., selaku Ketua Panwascam Palibelo melihat bahwa petugas lapangan dalam hal ini Pantarlih yang melakukan tugas pemuktahiran data pemilu di Kecamatan Palibelo masih kurang teliti dalam hal pekerjaan sebagai Pantarlih.

lebih lanjut, Ia memperkuat peryataan nya dengan banyaknya temuan yang didapat oleh Panwaslu desa di semua desa se-Palibelo, Hampir rata-rata dalam Proses panterlih kurang teliti dalam proses pemuktahiran data pemilih.

Maskuri Haq, selaku Ketua Panwascam, menegaskan, dalam PKPU No 7 tahun 2022 tentang pemuktahiran data pemilih mengatur bahwa apabila ditemukan pemilih dalam DP-4 ada yang meninggal, selanjutnya Pantarlih berkoordinasi dengan pemerintah desa dan pemilih yang meninggal tersebut dapat dibuktikan dengan keterangan kematian (kartu kuning). Di lapangan Panwaslu desa masih menemukan bahwa Pantarlih tidak berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk menanyakan keterangan kematian.

Lanjut, Ia menyampaikan juga terkait dugaan pelanggaran di lapangan masih tidak teraturnya pantarlih dalam pengisian beberapa kolom yang ada di stiker, serta adanya pemilih yang sampai hari ini belum tercoklit dan yang aneh ada pemilih yang 1 Kartu Keluarga (KK), namun berbeda TPS.


Panwascam Palibelo menindaklanjuti temuan tersebut dengan memberikan saran perbaikan ke PPS untuk diperbaiki sesuai dengan mekanisme yang berlaku.


Harapan Ketua Panwascam Palibelo panterlih se-Kecamatan Palibelo harus bekerja sesuai dengan mekanisme yang berlaku agar terwujudnya data pemilih yang kredibel yang bisa dipertanggungjawabkan oleh KPU nantinya. Ketua juga mengingatkan agar komunikasi dan koordinasi dua lembaga agar selalu dilakukan demi terwujudnya cita-cita bersama yaitu suksesnya pemilu di Kecamatan Palibelo.


Penulis: Al Faruq
Editor: Ahmadiansyah
×
Berita Terbaru Update