Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala Puskesmas Temui Warga Sakit dan Kurang Mampu di Palibelo

Sabtu, 06 Agustus 2022 | Agustus 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-06T15:41:41Z

SinarNTB.Com - Kepala Puskesmas Palibelo Dewi Asnah, mendatangi masyarakat yang sakit dengan para petugas puskesmas untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Puskesmas Pelibelo,  mengembangkan inovasi pelayanan kesehatan jemput bola mencari warga yang sakit. Warga tersebut bakal langsung diberi perawatan di rumahnya.

"Edukasi diberikan kepada masyarakat supaya bisa cepat sembuh dan mengerti tentang pencegahan dan sekaligus penanganan penyakitnya," beber Dewi Asnah.

Ia menjelaskan, tenaga medis dari Puskesmas Palibelo memeriksa kondisi kesehatan masyarakat Ibu Nurjanah, sembari ditemani pemuda, Desa Ragi, Sabtu (6/8/2022) RT.05 Rw.03 Kecamatan Palibelo.

Kata dia, walaupun dalam keadaan sakit jangan lupa untuk selalu ingat Allah dan selalu sholat. Dengan itu, Allah akan memberikan ketenangan.
"Program ini mencari, memeriksa, mengobati, dan mendampingi warga, khususnya masyarakat miskin yang sakit," ujar Asnah.

"Kalau sakitnya ringan, langsung kami obati di tempat. Atau kalau ada yang perlu dirawat, akan kami bawa untuk dirawat di puskesmas. Semua gratis. Dan kalau ada yang perlu penanganan intensif, akan kami beri rujukan ke rumah sakit," lanjut dia.

Tak hanya mengobati, kata Dewi Asnah, program itu juga melakukan pendampingan kepada warga yang menderita berbagai penyakit, misalnya stroke dan lansia yang menderita penyakit. Pendampingan dilakukan dengan home visite oleh tim medis dan dikawal langsung oleh Kepala Puskesmas.

Kata dia, menariknya, program ini dilakukan tidak hanya petugas puskesmas, namun bahu membahu bersama warga dan pemuda.

"Caranya, jika warga mendapati orang sakit atau ibu hamil beresiko tinggi langsung dilaporkan ke Kepala Puskesmas, begitu menerima laporan, tim dan Kepala Puskesmas akan turun untuk memeriksa kondisinya," tutupnya.

Penulis : Ahmad Al-faruq 
×
Berita Terbaru Update