Notification

×

Iklan

Iklan

Perpisahan Bunda Paud NTB Disertai Pentas Seni dan Mewarnai

Sabtu, 09 September 2023 | September 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-10T03:49:03Z


Mataram, SinarNTB.com - Museum Negeri Nusa Tenggara Barat nenggelar kegiatan “Museum Disabilitas Lomba Mewarnai tingkat SDLB dan TK/Paud Se-NTB dan dirangkaikan dengan Pentas Seni dan Perpisahan dengan Bunda Paud NTB, pada Sabtu, 9/9/2023, di Museum NTB.

Kegiatan bertajuk "GEMILANG", Generasi Emas Ceria Berbudaya”, dihadiri langsung oleh Bunda Paud NTB, Hj. Niken Saptarini Widiyawati, S.E., M. Sc, dan didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd.

Dalam sambutannya, Bunda Paud NTB, Hj. Niken Saptarini Widiyawati, S.E., M. Sc menyampaikan apresiasi atas lomba mewarnai ini yang telah menjadikan museum sumber pengetahuan, sumber inspirasi, serta sumber semangat bagi anak-anak bangsa untuk berkumpul dan menyalurkan rasa ingin tahunya dalam berbagai hal.

“Kegiatan mewarnai hari ini saya pikir sangat bagus, dan sangat sayang kalau hanya sekalai setahun, kalau bisa setiap dua bulan atau setiap satu bulan dengan tema-tema berganti, Ungkapnya.

Bunda Niken, sapaan akrab Bunda Paud NTB ini, menjelaskan bahwa di dalam museum ini terdapat begitu banyak peninggalan, begitu banyak benda-benda yang luar biasa, begitu banyak cerita-cerita yang harus diketahui dan dipelajari.

Sehingga menurutnya, semua yang ada di dalam museum ini bisa menjadi inspirasi untuk dikenal anak-anak NTB. Maka hal yang pertama dilakukan adalah dengan mewarnai objek-objek yang ada di museum ini.

“Saya pikir itu pengenalan awal sebelum nantinya mereka ingin tahu apa sih sebenarnya yang sedang diwarnai ini, apa kisah di baliknya dan mereka akan kembali dan kembali datang ke museum kita tercinta ini yang memang sangat kita banggakan”, katanya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa selama lima tahun bertugas sebagai Bunda Paud, telah memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan anak-anak Paud seluruh Nusa Tenggara Barat, dan memberikan kesempatan kepadanya untuk bertemu dengan anak-anak dari seluruh pelosok NTB dengan berbagai kondisinya, dan semuanya menjanjikan masa depan yang lebih baik.

”Karena itu saya dan Pokja Buda Paud berupaya agar pendidikan anak usia dini mendapatkan perhatian yang besar dari pemerintah untuk semakin dikuatkan, semakin diperbaiki dan semakin ditingkatkan kualitasnya. Dan saya yakin pendidikan dimasa usia dini ini adalah investasi terbesar”, Katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya ingin mereka menjadi anak-anak yang punya rasa percaya diri sejak usia dini, menjadi anak-anak yang mampu berbicara dengan baik sejak usia dini. Menjadi anak-anak yang kreatif, dan menjadi anak-anak yang cerdas yang selalu bertanya serta selalu semangat selalu menyikapi berbagai hal dengan cara yang positif.

“Jadi saya titipkan ke bapak ibu semua untuk sama-sama menjaga anak-anak paud kita, memberikan pendidikan yang terbaik, memberikan lingkungan belajar yang terbaik untuk mereka dan mudah mudahan apa yang kita lakukan bersama sama sama bisa menjadi kenyataan dihari depan nanti. Indonesia bisa menjadi maju dengan orang-orang dari NTB yang luar biasa”, Harapnya.

Sementara itu, Kepala Museum NTB, Ahmdad Nuralam S.H., M.H melaporkan bahwa kegiatan “Museum Disabilitas” Lomba Mewarnai ini diikuti oleh kurang lebih sekitar 50-an anak-anak yang berasal dari SDLB, dan ada sekitar dua ratus lebih peserta lomba yang terdiri dari Paud dan TK Se-NTB. 

“Tapi yang paling jauh dari Lombok Timur. Informasi dari guru pendampingnya setengah 6 sudah bersiap-siap ke sini, karena ada kegiatan ini dan memang ingin berpartisipasi dalam prosesi acara perpisahan Bunda Paud Nusa Tenggara Barat”, Lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya merangkaikan dua kegiatan yaitu Lomba Mewarnai, Pentas Seni dan perpisahan Bunda Paud NTB. 

“Jadi konsep kegiatani kami ini adalah kami ingin menjadikan museum sebagai tempat yang menyenangkan dan kami ingin menjadikan kegiatan di museum ini adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu”, tutupnya.


Penulis: Nanang Sofyan Putra
Editor: Ahmadiansyah 
×
Berita Terbaru Update