Notification

×

Iklan

Iklan

Museum NTB Dukung Desa Lembar Selatan Menangkan ADWI 2023

Kamis, 04 Mei 2023 | Mei 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-04T21:52:29Z


Mataram, SinarNTB.com - Museum Negeri Nusa Tenggara Barat melakukan kunjungan sekaligus menandatangani MoU dengan Desa Lembar Selatan untuk mendukung Desa dalam mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) tahun 2023.

Kepala Museum NTB Ahmad Nur Alam mengatakan kunjungan dan Kerjasama ini dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi terkait Maqom Keramat, serta memfasilitasi Desa Lembar Selatan dalam pembuatan 'Storyline' dan 'QR Code' sebagai syarat kategori digital dan kreatif dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023. 

"Karena Museum diminta oleh Desa Lembar Selatan, kami siap untuk fasilitasi. Hal ini disampaikan Pimpinan Daerah pada rapat sebelumnya. Dimana wisata kedepannya harus berbasis budaya", terangnya, pada Rabu, 3 Mei 2023 di Mataram. 

Dikatakannya, Kerja sama ini tidak hanya merupakan perwujudan tugas utama melindungi dan melestarikan objek bernilai sejarah, namun museum juga akan memfasilitasi inovesi digital sebagai sarana informasi. 

"Bentuknya dapat berupa "SEGA Sekardiyu Audio Guaid" yang nantinya memberikan informasi kepada masyarakat dalam bentuk Audio berupa bahasa Indonesai dan Inggris mengenai Maqom Keramat yang ada di Dusun Cemare, Lembar Selatan", jelasnya. 

Dengan begitu diharpkan dapat terbentuknya Desa yang tidak hanya memiliki potensi budaya saja, tapi juga mendorong desa yang mempunyai wisata budaya berbasis digital. 

Dalam penandatangani MoU turut hadir Kepala Desa Lembar Selatan, H. Beny Basuki beserta perangkat desa yang mendampingi, juga pihak museum dari Kepala KTU Museum NTB, Siti Kusmawati, dan Kasi Pengkajian dan Perawatan Koleksi, Ni Nengah Sueni, Kassi Penyajian dan Layanan Edukasi, Fungsional Pamong budaya dam Tim Museum NTB, di kantor desa Lembar Selatan, Lombok Barat. 

Kepala Desa Lembar Selatan, H. Beny Basuki dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih dan antusias atas partisipasi dan kepedulian dari Museum NTB. "Desa Lembar Selatan, dengan demikian siap memfasilitasi kebutuhan museum dalam rangka pengumpulan informasi budaya yang ada di wilayah tersebut", ungkapnya. 

Dari hasil kunjungan, Museum Negeri NTB sudah menanyakan kepada Kepala Desa Lembar Selatan titik penempatan papan nama untuk Maqom Keramat. Namun, karena ada kesibukan, maka belum ada tindak lanjut. 

Namun berdasarkan hasil survei, Museum Negeri NTB merekomendasikan 3 lokasi penempatan papan nama Maqom Keramat yakni seberang Jembatan Cinta, Pantai Cemare, dan di sekitar makam Seripe Muzli (Istri Syeh Sait Alwi Al-Bagdadi). 

Selanjutnya, Tim Pengkajian Museum NTB akan mengumpulkan infofmasi, dan mengelola data yang ada untuk dibuatkan 'Storyline' agar informasi Maqom Keramat yang berada di Dese Lembar Selatan lebih gampang dipahami oleh pengunjung. 

Di Akhir, Kepala Museum NTB, Alam sapaan akrbnya menyampaiakan pengembangan pariwisata NTB secara umum kedepannya harus berbasis budaya agar dapat menjadi penarik animo wisatawan lokal maupun mancanegara.


Penulis: Nanang Sofyan Putra
Editor: Ahmadiansyah 
×
Berita Terbaru Update