Notification

×

Iklan

Iklan

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) Tahap I Bulan 1 2 & 3 Tahun Anggaran 2023

Kamis, 18 Mei 2023 | Mei 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-19T03:25:02Z

Kabupaten Bima, sinarntb.com - Pemerintah Desa Tonggorisa, Pada Jum'at (19/5/2023), memberikan bantuan langsung tunai melalui dana desa (BLT-DD) adalah salah satu bantuan yang diberikan dalam upaya menekan dampak pandemi Covid-19 bagi warga yang kurang mampu dan belum menerima bantuan dari pusat. 
Pemerintah Desa tonggorisa menyalurkan BLT-DD kepada 22 KPM keluarga penerima manfaat , bertempat di kantor desa tonggorisa.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa yang dihadiri langsung oleh seluruh keluarga penerima manfaat, bersama perangkat-perangkat desa pembagian BLT-DD juga dihadiri oleh Babinsa, Babinkamtibmas, BPD dan unsur masyarakat desa tonggorisa.

Kepala Desa Tonggorisa Yusuf A Hamid, menjelaskan bahwa bantuan langsung tunai dibagikan setiap satu bulan sekali sejumlah Rp. 300.000. Penyaluran BLT ini dilakukan setelah turunnya dana desa termasuk di dalamnya dana BLT untuk tiga bulan, tahap bulan 1, 2 dan 3. Namun, penyaluran dan pendokumentasian BLT kepada warga dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Yusuf H. Ahamid menuturkan bahwa dalam rangkaian proses penyaluran BLT- DD, pihak desa terlebih dahulu melakukan berbagai tahapan dan pertimbangan melalui validasi dan verifikasi kelayakan masyarakat menerima bantuan langsung tunai

Pemerintah Desa Tonggorisa mengerakkan perangkat desa bersama RT & RW, terjun langsung ke masyarakat untuk melihat keadaan warga. Pertimbangan untuk BLT ini bukan dari segi rumah, tetapi dari segi penghasilan dan kondisi warga, misalnya sakit dalam jangka waktu yang lama akan lebih diprioritaskan untuk menerima BLT-DD. 

Setelah itu, dilakukan pendataan layak atau tidaknya warga untuk menerima bantuan, dimana dari 122 lebih warga diseleksi kembali hingga yang layak mendapatkan BLT adalah sebanyak 22 KPM di desa tonggorisa.(*)

Penulis : Al-Faruq
Editor    : Ahmad Al-Faruq
×
Berita Terbaru Update