Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Media Massa dalam Merumuskan Kesadaran Publik

Kamis, 06 Oktober 2022 | Oktober 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-07T07:26:18Z


Oleh: Muhammad Anhar*

Kabupaten Bima, SinarNTB.Com -Perkembangan media sangat pesat. Belum lagi dunia saat sekarang ini, tuntutan mewujudkan keadilan sosial mengharuskan kita semua menjadi pejuang-pejuang gigih yang membela terwujudnya tujuan nasional bernegara.

Setiap cita-cita besar memang mengharuskan adanya pejuang-pejuang yang gigih dalam berjuang. Khittah keadialan sosial dalam negara pancasila kiranya ialah untuk membangun suatu bentuk tatanan masyarakat, setiap warga dijamin haknya untuk hidup menurut pilihanya sendiri, namun tetap dalam semangat kebersamaan dalam kehidupan sosial.

Oleh karena itu, dalam menghadapi problem ini, kita dituntut untuk berpartisipasi aktif menunjukan kebaikan pada media masa untuk ditunjukan di kehidupan sosial (Nurcholish Majid).

Selain itu, media massa adalah salah satu sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia akan informasi maupun hiburan dalam kehidupan sosial pada Era 5.0 sekarang ini. Media massa merupakan hasil produk teknologi moderen sebagai saluran dalam komunikasi massa, merupakan salah satu elemen penting dalam proses komunikasi massa.

Saluran yang disebut media massa tersebut diperlukan dalam berlangsungnya komunikasi massa. Berdasarkan bentuknya, media massa dapat dikelompokkan sebagai berikut  di antaranya adalah media cetak (printed media) yang mencakup surat kabar, majalah, buku, brosur dan sebagainya, juga media elektronik seperti radio, televisi, film, slide, video dan lain- lain.

Pasalnya, perkembangan media massa dalam kehidupan sosial, yaitu ditemukannya internet. Kini masyarakat telah didominasi oleh media massa. Media massa begitu memenuhi keseharian hidup masyarakat yang tanpa disadari kehadiran dan juga pengaruhnya.

Karenanya, media massa memberi informasi, menghibur, menyenangkan, bahkan kadang mengganggu khalayak. Media mampu menggerakkan emosi atau mempengaruhi perasaan, menantang, dan mendefinisikan masyarakat serta membentuk realitas khalayak.

Konsep Penting Tentang Media Massa

Media massa adalah suatu bentuk usaha yang berpusat pada keuntungan. Selain itu juga, media massa juga untuk perkembangan dan perubahan dalam pengiriman dan pengonsumsian media massa, dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.

Bahkan media massa senantiasa mencerminkan sekaligus mempengaruhi kehidupan masyarakat, dunia politik, dan budaya.

Dari seluruh penjelasan di atas, dapat disimpullkan bahwa media massa merupakan saluran komunikasi massa guna menyampaikan informasi atau pesan kepada khalayak banyak secara luas dalam kehidupan sosial pada Era 5.0. Media massa mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan sebagainya.

Selain itu, media massa mengumpulkan sejumlah uang untuk menyediakan informasi dan hiburan. Media massa juga merupakan bisnis yang berpusat pada keuntungan. Menurut sejarahnya, buku adalah media massa pertama, sedangkan internet adalah media massa terbaru.

*(Penulis adalah Kader HMI-MPO Cabang Bima)
×
Berita Terbaru Update