Notification

×

Iklan

Iklan

IMAPRI Menggelar Diskusi : Cinta dalam Perspektif Islam

Minggu, 21 Agustus 2022 | Agustus 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-21T12:10:10Z


Mataram, SinarNTB.com - Pada Sabtu, (20/08/2022) Pukul 19:30 Wita, Ikatan Mahasiswa Pelajar Risa (IMAPRI) Mataram menggelar kegiatan diskusi malam mingguan secara online dengan mengusung tema "Cinta dalam Perspektif Islam,".

Kegiatan diskusi tersebut, dipandu oleh Abi Sofian yang merupakan Ketua Bidang Aksi dan Advokasi IMAPRI sementara, materi diisi oleh Nanang Sofian Putra yang merupakan Mahasiswa sekaligus Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Mataram.

Nanang Sofian Putra, menyebutkan bahwa fitrahnya cinta adalah sebuah anugerah, karunia dari Tuhan. Setiap hati yang mulia pasti memiliki cinta.

Kata dia, Tuhan menciptakan manusia sejak awalnya berpasang-pasangan, karena itu, harus saling mengenal antara yang satu dengan yang lain.

"Itulah bukti cinta Tuhan kepada makhluknya," bebernya, Sabtu, (20/8/2022).

Ia menjelaskan, mencintai sesama adalah kewajiban. Karena Allah berfirman kata dia, mukmin yang satu dengan yang lainnya adalah saudara.

Nanang mengutip Hadist Nabi Muhammad Saw bahwa tidak sempurna iman seorang mukmin apabila ia tidak mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.

"Karena itu, cinta ada cinta kepada Tuhan, sesama manusia dan seluruh alam semesta," terangnya.

Kata dia, cinta sesama manusia menguji keimanan adalah cinta yang didasari oleh hawa nafsu. Biasanya hawa nafsu akan mengarahkan diri kita pada arah cinta yang sesat.

"Cinta adalah suatu hal yang putih dan suci. Jangan pernah mengotori kesucian cinta dengan pacaran," tuturnya.

Sebagai informasi, diskusi tersebut diikuti oleh 20 lebih peserta dari berbagai kampus yang berbeda-beda. Ada yang dari Muhammadiyah Mataram, UIN Mataram, Universitas Mataram dan ada juga hadir yang dari kampus di Samarinda.

Penulis : Ahmad Al-Faruq
×
Berita Terbaru Update