Notification

×

Iklan

Iklan

Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah di SDN Ragi Kecamatan Palibelo

Jumat, 23 Februari 2024 | Februari 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-24T00:36:13Z



Bima, SinarNTB.com - Kegiatan Imtaq rutinitas dilaksanakan bahkan sudah menjadi program wajib tiap sekolah pada hari Jum’at. Seperti halnya dilakukan oleh SDN Ragi, Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, NTB, pada jum’at 23/2/2024.

Pembiasaan shalat dhuha merupakan suatu kegiatan mengerjakan sunah Rasulullah SAW yaitu shalat dhuha yang dikerjakan secara terus-menerus pada setiap pagi yang bertujuan agar shalat dhuha menjadi suatu rutinitas yang biasa dilakukan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Usai melaksanakan Imtaq, sekolah setempat melanjutkan dengan shalat dhuha secara berjamaah. Hal ini merupakan inovasi baru untuk dijadikan contoh bagi sekolah-sekolah lainnya.

Menurut Kepala Sekolah SD Negeri Ragi, Bapak Kurniadin S.Pd., tujuan dari sholat dhuha secara bersama-sama di lapangan untuk membiasakan dan melatih siswa menjalankan ibadah sholat sunnah yang sangat bermanfaat bagi siswa.

"Kita berharap dengan membiasakan sholat dhuha ini kepada siswa di sekolah, maka dari siswa sendiri rutin menjalankannya di rumah masing-masing. Semoga peserta didik memiliki karakter yang disiplin dan tetap melaksanakan shalat dhuha di sekolah,” ucapnya.

"kegiatan seperti ini semoga menjadi motivasi bagi sekolah lain untuk dilakukan secara istiqomah. Sehingga betul-betul terwujud generasi bangsa yang berakhlakul qorimah", pungkas Kepala SD Negeri Ragi tersebut.

Pada kesempatan itu juga, Ahmad S,Pdi. yang merupakan dewan guru pembina Imtaq, menjelaskan banyak keutamaan ketika orang menjalankaan ibadah sholat dhuha. Selain sebagai sedekah, sholat dhuha juga sebagai investasi amal cadangan yaitu dapat menyempurnakan sholat wajib, mendapatkan keuntungan yang besar, dicukupi kebutuhan, diampuni dosa walau sebanyak bui di laut dan Allah akan membangun istana di syurga bagi yang gemar sholat duha.

"Manfaat sholat dhuha untuk kesehatan jasmani, dimana gerakan sholat dhuha yang dilaksanakan pada pagi hari ketika matahari memancarkan sinar yang baik untuk kesehatan. Ditambah kualitas udara yang masih baik dan diawali dengan wudhu yang baik dapat meningkatkan kesehatan," bebernya.

“Tidak ada kata terlambat untuk memulai, mari kita jadikan shalat dhuha di tiap sekolah sebagai program baru usai melaksanakan Imtaq,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan seperti ini terlaksana berkat partisipasi semua dewan guru. Sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya.


Penulis : Al Faruq
Editor: Ahmadiansyah 
×
Berita Terbaru Update