Notification

×

Iklan

Iklan

Yayasan Bale Agung Ajar Wali Performance Pada Festival Internasional Wayang Dunia di Bali

Kamis, 04 Mei 2023 | Mei 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-05T02:16:40Z


Bali, Sinarntb.com - Pelestarian seni budaya dan tradisi Nusa Tenggara Barat harus terus digaungkan sebagai upaya mempertahankan identitas bangsa yang tercermin dari nilai-nilai luhur warisan budaya dimasing-masing daerah.

Yayasan Bale Agung Ajar Wali terus berupaya untuk melestarikan seni budaya leluhur dengan melakukan program-program pelestarin kesenian tradisi dengan terus membina anggota kelopok kesenian yang ada dalam lingkup Yayasan Bale Agung Ajar Wali.

Salah satu bentuk kongkrit dari pembinaan tersebut adalah dengan pementasan keluar daerah yang telah dilakukan pada Acara Festival Internasional Wayang Dunia tanggal 26 - 30 April 2023 di Bali.

Program tersebut di danai oleh program Dana Indonesiana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di dalam kegiatan ini, Yayasan Bale Agung Ajar membawa rombongan kesenian wayang sasak dan teater wayang sasak.

Selain itu, Yayasan Bale Agung Ajar Wali juga melibatkan mahasiswa binaan yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta STP Mataram. Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Yayasan Bale Agung Ajar Wali Sunardy kasim " yayasan Bale Agung Ajar Wali tahun ini berkesempatan untuk tampil di Event Internasional Festival Wayang Dunia di Bali," bebernya.

Kata dia, kami membawa robongan kesenian Wayang sasak dan teater wayang sasak. Ini merupakan program yayasan yang anggarannya didukung oleh program dana indonesiana.

Selain menampilkan anggota kami di Sanggar Wayang Sasak Ajar wali dalam bentuk pementasan wayang sasak, kami juga menampilkan karya ciptaan yayasan dalam bentuk teater wayang sasak yang ditampilkan oleh para mahasiswa binaan Yayasan Bale Agung Ajar Wali yang bekerjasama dengan STP Mataram.

"Hadirnya Yayasan Bale Agung Ajar Wali di dunia kampus bertujuan untuk mengajak para generasi muda terutama mahasiswa untuk ikut melestarikan kesenian Tradisi yg ada di Daerah Nusa Tenggara Barat dan pihaknya berharap dengan keterlibatan mahasiswa akan membuat kesenian tradisi semakin dicintai oleh semua kalangan dan mendapatkan kader2 penerus seni budaya daerah kedepannya," tutupnya(*).

Penulis : Muhtar
Editor    : Ahmadin Al-Faruq
×
Berita Terbaru Update